Membuat Website Memakai CMS Joomla!

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhA0khvY2qjp_rNhR_XhfXdQZDe1-amCGfhLzK5u8E9whejkAAFh21yJ9xHkTRLHSXq0u8pjyN69zTsBRKNKFhPfdLoTBy5fX5sj30v-8hQRkL63T6qugrLV8YS1_YAHIcd_cp1yogs2b6J/s1600/JoomlaFrontpage350.jpg
Membuat website dengan menggunakan joomla! sangatlah mudah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menginstall server local dan database local di komputer yang akan digunakan dalam instalasi Joomla!. Hal ini harus dilakukan karena script Joomla! bersifat server script, yaitu membutuhkan sebuah web server agar situs web yang dibuat dapat dilihat di dalam browser computer tersebut.

Dalam proses awal kita membutuhkan aplikasi XAMPP, aplikasi ini adalah sebuah aplikasi instan dan lengkap karena segala yang dibutuhkan untuk membuat sebuah website dengan Joomla! terdapat dalam aplikasi ini. Aplikasi XAMPP dapat di download pada alamat http://www.apachefriends.org. Anda dapat mendownload versi terbaru pada alamat tersebut. Adapun system yang minimal dibutuhkan untuk instalasi XAMPP adalah 64 MB RAM, 300 MB ruang kosong dalam harddisk, system operasi Windows 98, ME, NT, 2000, atau XP.

Joomla! merupakan sebuah aplikasi CMS untuk pembuatan website yang mudah dalam penggunaanya. Installer Joomla! dengan versi terbaru dapat anda peroleh dengan mendownload pada alamat http://www. joomla.org/. Setelah anda mendapatkan kedua file installer tersebut maka lakukan penginstalan XAMPP terlebih dahulu.

Berikutnya adalah penginstalan aplikasi Joomla!, yaitu dengan cara mengekstrak file zip Joomla!. Rename folder hasil ekstrak tadi (misal direname menjadi : webku) kemudian di Cut dan di Paste di direktori C:/Program files/xampp/htdocs/. Buka browser internet (bisa menggunakan Internet Explore, Opera, ataupun Mozilla) dan ketik alamat http://localhost/webku/, akan mucul halaman instalasi Joomla!. Pada halaman Choose Language pilih “English” dan klik Next. Berukutnya muncul halaman Pre-instalation Check, klik Next dan anda akan dibawa menuju halaman yang berisi Lisinsi dari Joomla!, jika anda mau anda bisa membacanya atau mengabaikannya dengan langsung meng-klik Next. Pada halaman berikutnya isi kotak isian sebagai berikut:

*

Database Type : mysql
*

Host Name : localhost
*

Username : root
*

Password : (dikosongi)
*

Database Name : (isi dengan nama yang andi suka, misal db_webku)

klik Next dan akan muncul halaman Basic Setting, pilih no pada pilihan Enable FTP file system layer dan klik Next. Halaman berikutnya anda akan dimintai untuk memasukkan Site Name, Email, dan Password, isilah sesuai yang anda inginkan. Pilihan menu “Install Default Sample Data” adalah jika anda klik maka contoh data seperti contoh artikel dan lain sebagainya akan di install ke website anda. Klik Next dan proses instalasi selesai.

Lakukan login ke halaman admin anda dan silahkan anda modifikasi website yang anda buat sesuai keinginan. Semoga artikel ini bermanfaat..

source: panda.web.id
Download Panduan Joomla Quick Start 1.0.pdf

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design